Hitam Putih Tembakau

Buku ini adalah hasil konversi dari laporan penelitian LTN PBNU tentang dinamika kehidupan petani tembakau dan nontembakau di Sumedang, Demak, Temanggung, Malang, dan Pamekasan. Buku ini membuat berbagai hal yang terkait dengan aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya, baik pertanian tembakau maupun nontembakau. Dalam buku ini digambarkan kompleksitas pertanian tembakau maupun nontembakau. Harapannya, kompleksitas tersebut menjadi pertimbangan dalam menyusun kebijakan atau program yang berkaitan dengan pertanian, khususnya pertanian tembakau. Tanpa mempertimbangkan kompleksitas itu, alih-alih menjadi jalan keluar malah akan memunculkan persoalan baru. Kebijakan pengendalian tembakau berpotensi untuk ke arah sana.
Para peneliti sekaligus penyusun buku ini adalah Abdul Azis Muslim (penelitian di Sumedang), Zaenal Abidin E.P. (Demak), Feri Suprapto (Temanggung), Audriane F. Sani (Malang), dan Abdil Mughis Mudhoffir (Pamekasan). Andi Rahman Alamsyah merancang dan memimpin penelitian ini seklaigus mengedit laporan penelitian dari berbagai daerah tersebut hingga menjadi buku.
Terimakasih kepada Ketua Umum PBNU Dr. Said Aqil Siraj dan Dr. Hanneman Samuel (staf pengajar di Departemen Sosiologi FISIP UI) yang masing-masing telah memberikan prolog dan epilog untuk buku ini. Terimakasih pula untuk berbagai pihak, terutama para narasumber dan asisten lokal, yang telah membantu dalam penelitian di Sumedang, Demak, Temanggung, Malang, dan Pamekasan, juga pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya penerbitan buku ini.