Studi Longitudinal Kualitatif Graduasi Program Keluarga Harapan (PKH)

Studi ini dilaksanakan oleh ResultsinHealth (RiH) dan Pusat Kajian Sosiologi UI berdasarkan arahan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.Seluruh rangkaian kegiatan penelitian bekerja sama dengan Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Nusa Cendana, Universitas Andalas, Universitas Islam Negeri Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Airlangga.
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan dampak hilangnya bantuan PKH pada keluarga yang telah tergraduasi, serta menggali lebih jauh peran program bantuan lain dalam proses transformasi penerima PKH. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan informasi mengenai dampak jangka pendek dan menengah akibat hilangnya bantuan, menggali lebih dalam rangkaian program PKH dengan program pengadaan sumber daya untuk mengentaskan kemiskinan, serta mendokumentasikan karakteristik rumah tangga penerima PKH. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk meningkatkan pelaksanaan PKH di Indonesia ke depannya. Ruang lingkup penelitian ini akan mencakup: kondisi sosial ekonomi penerima PKH setelah graduasi, karakteristik rumah tangga graduasi dan intergrasinya dengan pasar tenaga kerja dn kegiatan ekonomi, perspektif rumah tangga terhadap peluang ekonomi, aspek pendukung dan penghambat untuk menjadi penerima PKH, mekanisme rumah tangga dalam mengakses bantuan, serta perubahan – perubahan yang terjadi dalam kehidupan penerima PKH setelah di graduasi.
Penelitian ini adalah penelitian longitudinal prospektif, dimana data diambil dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan prinsip evaluasi realistik, prinsip teori perubahan, kerangka penghidupan dasar, model graduasi BRAC, dan panduan umum (blue print) implementasi program PKH di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan melakukan focus group discussion (FGD), wawancara mendalam (in-depth interview/IDI), riwayat hidup (life history/LH), observasi, serta pengumpulan data sekunder. Teknik yang digunakan antara lain, diagram venn, social mapping dan cerita perubahan yang paling signifikan. Pemilihan informan-informan utama dilakukan berdasarkan informasi dari blueprint PKH mengenai pengelompokan penerima PKH saat dilakukan resertifikasi. Rumah tangga PKH graduasi diwawancara dalam satu kesempatan dan diwawacara kembali pada kesempatan lainnya. Hal ini dilakukan untuk melihat perubahan yang terjadi baik di tingkat kelompok maupun individu.