Books

Gumilar R Somantri
In my privileged position as Rector of Universitas Indonesia, one of my duties is to speak at the openings of various events such as conferences, symposia, meetings with industry, and graduations.

 

Stratifikasi Sosial di Cancar Manggarai Flores Barat Tahun 1950an dan 1980an
Bagi orang Manggarai masa kini, mungkin apa yang digambarkan buku ini tentang stratifikasi sosial hanya merupakan cerita masa lampau saja. Dengan perubahan sosial yang trejadi dalam segala bidang saat ini, suatu gambaran yang kontras pasti akan muncul.

 

Transformasi Pemasaran Sosial
Buku ini dapat menjadi referensi masyarakat untuk berpartisipasi membangun Indonesia. Sebagai buah kerja akademis. Tema pemasaran sosial dari buku ini diharap dapat menginspirasi para pembaca untuk turut berkontribusi membangun manusia Indonesia menjadi insan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sejahtera, maju dan demokratis.

 

Islam, Jawara & Demokrasi

 

Petroleum Paradox
In general, reading the analysis and narrative about political aspect of oil and Pertamina is simply astonishing. For the economist it is worth to read it as it has presented what some would call non-economic factors in economic development. As sociologist, Ms. Seda decided to choose a sensitive topic on the management and governance of oil, gas and Pertamina as her research topic.

 

Genealogi Kekuasaan
Buku ini mengkaji pertalian intim antara ilmu sosial dengan kekuasaan pada dua periode penting sejarah Indonesia, masa kolonialisme Belanda dan awal-awal berdirinya Negara Indonesia. Dengan membedah konteks ekonomi-politik serta struktur ilmu sosial di kedua zaman tersebut, penulis memperlihatkan bagaimana kekuasaan bekerja dan terus melahirkan dirinya kembali dari balik pengetahuan ilmiah.

 

CSR Programs
Riset dan publikasi dalam manajemen dan bisnis tentang corporate social responsibility (CSR) secara umum sudah sangat banyak dilakukan, namun studi sosiologis tentang CSR yang khusus untuk industri tambang dan migas di Indonesia kiranya masih sangat langka. Beberapa studi yang ada lebih menyoroti dimensi ekonomi-politik dan kultur (adat) lokal dalam kaitannya dengan keberadaan dan kegiatan tambang dan migas, dan tidak fokus kepada praktek corporate social responsibility.

 

Hitam Putih Tembakau
Buku ini adalah hasil konversi dari laporan penelitian LTN PBNU tentang dinamika kehidupan petani tembakau dan nontembakau di Sumedang, Demak, Temanggung, Malang, dan Pamekasan. Buku ini membuat berbagai hal yang terkait dengan aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya, baik pertanian tembakau maupun nontembakau.

 

Weaving Business Networks in Indonesia
In this book, Rochman Achwan illuminates the ‘great transformation’ of textile business networks that has been occurring in one of Indonesia’s fast-growing, medium-sized urban areas for five decades (1960s-200s).

 

Sosiologi Ekonomi di Indonesia
Buku ini membawa dua misi, memperkenalkan sosiologi ekonomi dan penggunaan pendekatan ilmu ini dalam mempelajari fenomena ekonomi di Indonesia. Sosiologi ekonomi lahir kembali di pertengahan dasawarsa delapan puluhan ditandai dengan munculnya artikel berjudul Economic Action and Social Structure: The Problem of Embeddedness, ditulis oleh Mark Granovetter, diterbitkan di jurnal berpengaruh American Journal of Sociology tahun 1985 Volume 91.

 

Iqbal Djajadi
Mengenang pribadi (alm) Iqbal Djajadi

 

Emile Durkheim
Emile Durkheim merupakan guru besar ilmu sosial pertama di Perancis. Ia, Max Weber, dan Karl Marx, dianggap sebagai tonggak sosiologi modern. Analisa statistik Durkheim merupakan tonggak bagi teknik analisa masyarakat dengan data statistik.

 

Potret Suram Bangsaku
Buku ini merupakan kumpulan mozaik dari berbagai ide-ide liar yang penulis simpan di dalam komputer selama tiga tahun dan kemudian coba dirajut dalam waktu yang relatif singkat yakni selama 3,5 bulan. Meski jauh dari sempurna, buah pikiran yang tertuang dalam buku ini bias terwujud berkat Program Kerja dari Asisten Dekan Bidang Riset dan Publikasi FISIP Universitas Indonesia yang menyelenggarakan program penulisan buku cepat.

 

Soft System Methodology
Secara umum dapat dikelompokkan dua paradigma berpikir serba sistem yaitu serba sistem keras (hard system thinking)dan berpikir serba sistem lunak (soft system thinking). Keduanya memiliki kesamaan terkait dengan ide dasar tentang sistem dan serba sistem, yakni bukan sebagai suatu onggokan (the whole) melainkan keseluruhan yang adaptif (adaptive wholes) yang memiliki ciri emergent property, yaitu kapasitas untuk mewujudkan tujuan keseluruhan, struktur berlapis, interkorelasi dan komunikasi, serta monitoring dan kontrol. Tetapi keduanya juga memiliki pandangan yang berbeda secara fundamental.

 

Enterpreneurial Behavior
Banyak putra-putri pengusaha besar yang diwarisi perusahaan orang tua mereka, pada akhirnya tidak bisa mempertahankan perusahaannya. Demikian pula para pekerja perusahaan yang kehilangan pekerjaannya, kadang kala mengalami kendala untuk mengubah jenis pekerjaan mereka dari pegawai disupervisi oleh atasannya menjadi wirausahawan mandiri yang justru menyediakan lapangan kerja bagi orang lain.

 

An Uphill Struggle: Advocacy NGOs under Soeharto
Indonesia under the leadership of President Soeharto was considered to be one of the strong authoritarian states in Asia. The presence of the strong government prompted political analyst to study political processes through focusing on political goals, interests, and regulations endorsed by the government.